Penyebab Autisme

Penyebab Autisme – Penyebab autisme belum diketahui secara pasti. Namun pemeriksaan CT scanning dan pneumo encephalogram pada anak autisme, tampak :

  • Ventrikel lateral otak tidak normal, terutama daerah temporal
  • Juga terlihat pelebaran ventrikel lateral otak.

Pada pemeriksaan histopatologi :

a. Pembentukan sel-sel di daerah hipocampus terlihat tidak normal dan amygdala di kedua sisi otak

Pada pemeriksaan EEG :

a. Kelainan tidak khas, meskipun kadang-kadang tampak discharge temporal

Secara laboratorium :

a. Diduga ada kaitannya dengan banyaknya pembuangan zat phenil keton melalui air seni (phenil ketonuria)

Jadi, kelihatannya autisme disebabkan oleh gabungan dari berbagai penyebab tersebut.

Penyebab Autisme

Penyebab Autisme

Gejala dan Tanda-Tanda Autisme

Kelompok kelainan perilaku yang hampir selalu ditemukan pada autisme, antara lain :

  • Mengalami kesulitan untuk menjalin pergaulan yang rapat
  • Sangat kurang menggunakan bahasa
  • Sangat lemah kemampuan berkomunikasi

Kelainan Penyebab Autisme Lain-Lain :

  • Sangat peka terhadap perubahan lingkungan. Anak akan bereaksi secara emosional, kadang malah bereaksi kasar meskipun hanya perubahan kecil dari kehidupan rutin, misalnya perubahan warna kursi atau baju, atau naik kendaraan yang tidak bisa sebelumnya
  • Setiap perubahan bagi anak autis selalu dirasakan buruk, dan perubahan yang ke arah baik pun tidak pernah dirasakan sebagai surprise
  • Memperlihatkan gerakan-gerakan tubuh yang aneh, misalnya selagi duduk, bergerak-gerak ke depan dan ke belakang, berjalan jitjit (mengutamakan ujung telapak kaki)
  • Sebagian kecil anak autisme menunjukkan masalah perilaku yang sangat menyimpang, seperti melukai diri sendiri, baik karena gigitan sendiri atau menggunakan pisau, membentur-benturkan kepala, kadang-kadang ada yang menyerang teman bergaulnya.

Penyebab Autis

Pencetus Penyebab autisme timbulnya kelainan perilaku tersebut bisa saja hanya karena merasa kecewa, atau marah, bosan, takut, cemas, atau hanya karena perubahan lingkungan kesehariannya yang rutin, antara lain :

  • Terpaku (terlalu menyayangi) pada benda-benda mati. Misalnya, apabila mainannya hilang atau rusak maka si anak akan sangat marah, atau memperlihatkan reaksi lain yang tidak setara dengan masalahnya
  • Bereaksi tidak normal terhadap rangsangan sekitar seperti bau, bunyi atau sinar
  • Kurang mampu berimajinasi (Daya Khayal)
  • Namun demikian ada juga anak autisme yang menyenangi (memperhatikan lama-lama peralatan berbunyi keras seperti drum dan senang meraba-raba atau mengelus-elus barang yang permukaannya kasar.

Penyebab autis yang dianggap membuat anak mengalami suatu kelainan dari anak normal lainnya adalah :

  1. Penyebab autis akibat kelainan neuro-anatomis  misalnya adalah seperti faktor genetik, infeksi jamur dan juga virus, serta kekurangan nutrisi, oksigenasi, polusi udara, polusi air dan juga berasal dari makanan. Hal ini biasanya diyakini akan terjadi pada usia kehamilan antara 0-4 bulan.
    Kelainan yang terjadi pada sistem limbik yang mempunyai peran sangat penting untuk reaksi suatu emosi. Kelainan sistem limbik yang bisa menyebabkan fungsi kontrol pada terjadinya agresi dan juga membuat emosi menjadi terganggu. Anak yang kurang mampu untuk mengendalikan emosinya atau anak yang agresif atau anak yang pasif. Daerah yang ada pada sistem limbik biasanya akan mencakup pada hippocampus dan amygdala. Hippocampus yang mempunyai tanggung jawab pada fungsi belajar serta daya ingat seseorang. Gangguan pada hippocampus ini akan membuat anak menjadi susah untuk bisa menyimpan informasi yang baru.
  2. Akibat terjadinya keoainan kromosom yang diduga adanya suatu kelainan kromosom pada anak yang mengalami autis namun kelainan ini sendiri tidak berada pada kromosom yang selalu sama.
  3. Faktor pemicu yang lainnya bisa menimbulkan gejala autis. Misalnya adalah kehamilan trisemester I (0-4 bulan) : infeksi dari zat aditif, obat-obatan, pendarahan yang berat, dan muntah-muntah yang sangat hebat. Dan akibat proses kelahiran yang terlalu lama, pemakaian korsep, alergi makanan, dan juga akibat penyakit herpes penularan dari ibu ke janin sewaktu melahirkan.

Pada anak-anak autis biasanya mereka kurang menyukai terjadinya perubahan sosial atau adanya suatu gangguan yang terjadi dalam kebiasaan sehari-harinya dan mereka lebih menyukai pada dunia yang mereka anggap sama. Jika terjadi suatu perubahan, maka biasanya mereka akan lebih marah misalnya adalah mereka akan marah jika mengambil rute atau jalan pulang sekoalh dari rute yang biasa dilalui atau juga posisi dari furnitur yang ada di dalam kelas berubah dari bentuk yang semula.

Pada anak-anak yang autis non verbal biasanya sering menjadi penerima informasi dan juga akan merespon pada orang tua serta guru dan juga meminta dengan perlakuan yang konsisten. Misalnya jika orang dewasa bertanya “kamu ingin makan apa?” anak autis non verbal biasnaya akan memperlihatkan gambar atau kue dan bahkan juga dengan kata-kata. Ini satu peningkatan yang terjadi pada komunikasi dan juga memhami permintaan dari guru yang ditujukan olehnya. Dalam permintaan ini baisanya anak sebagai penerima dan akan menjawa permintaan tadi.

Ada beberapa tingkah laku yang harus diperlukan dan juga harus dimiliki oleh seseorang anak autis yang sifatnya nonverbal agar bisa menjadi seseorang komunikator yang berhasil yakni adanya suatu pemahaman dari sebab dan akibat, dan suatu keinginan untuk berkomunikasi dengan siapa ia harus berkomunikasi dan ada sesuatu yang harus dikomunikasikan serta apa makna dari komunikasi tersebut. Di dalam suatu komunikasi yang terjadi jika seseorang tidak mengetahui penyebab penyakit autis, dia biasanya akan mengalami suatu kesulitan dalam meminta seseorang untuk bisa melakukan sesuatu atau juga bisa membantunya dengan cara mengambil benda pada rak yang paling tinggi.

Penyebab Autisme


=====================================

>>> VitaBrain Suplemen Vitamin Otak, Bagus Untuk Perkembangan Anak Autis, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Autis and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *