Penggolongan Anak Autis

Penggolongan Anak Autis – Dalam berinteraksi sosial, anak autis di kelompokkan menjadi beberapa kelompok Penggolongan Anak Autis :

1. Menyendiri

  • Terlihat menghindari kontak fisik dengan lingkungannya. Meskipun bisa saja pada awalnya kelihatan biasa dan nyaman bermain dengan teman sebayanya, tapi hal ini hanya terjadi dalam waktu yang singkat. Setelah beberapa saat mengalami kontak fisik, beralih ke permainan lain karena sangat tidak mampu menciptakan pergaulan yang akrab. Perangai anak yang kelihatannya tidak mempunyai cacat ini membuat orang tuanya sangat tidak memahami, dan sangat menyakitkan hati.
  • Bertendensi kurang menggunakan kata-kata, dan kadang-kadang sulit berubah meskipun usianya bertambah lanjut. Dan, meskipun ada perubahan, mungkin hanya bisa mengucapkan beberapa patah kata yang sederhana saja.
  • Menghabiskan harinya berjam-jam untuk sendiri, dan jika berbuat sesuatu, melakukannya berulang-ulang.
  • Sangat tergantung pada kegiatan sehari-hari yang rutin
  • Gangguan perilaku pada kelompok anak autisme ini, termasuk bunyi-bunyi aneh, gerakan tangan, tabiat yang mudah marah, melukai diri sendiri, menyerang teman bergaul, merusak dan menghancurkan mainan sendiri.
Penggolongan Anak Autis

Penggolongan Anak Autis

2. Kelompok Anak Autisme Pasif

  • Lebih bisa bertahan pada kontak fisik dan agak mampu bermain dengan kelompok teman bergaul dan sebaya, tetapi jarang sekali mencari teman sendiri
  • Mempunyai perbendaharaan kata yang lebih banyak meskipun masih agak terlambat bisa berbicara dibandingkan dengan anak yang sebaya
  • Kadang-kadang malah lebih cepat merangkai kata meskipun kadang-kadang pula di bumbui kata yang kurang dimengerti
  • Gangguan perilaku pada kelompok ini tidak seberat anak kelompok yang menyendiri

3. Kelompok Anak Autisme Aktif

  • Mampu bermain dan bersosialisasi dengan kelompok teman bergaul dan sebaya
  • Dalam berdialog, sering mengajukan pertanyaan dengan topik yang menarik, dan bila jawaban tidak memuaskan atau pertanyaannya dipotong, akan bereaksi sangat marah
  • Menegakkan diagnosa anak autisme kelompok ini kadang-kadang sulit, karena kenyataannya anak ini bisa bergaul dengan lingkungannya. Meskipun mungkin terbatas hanya di sekitar tempat tinggalnya, cara bersosialisasinya tetap kurang menggunakan asas memberi dan menerima (take and give) antar sesama teman bergaul

Gejala atau ciri anak autis dari satu kelompok Penggolongan Anak Autis bisa saja terdapat pada kelompok lain pada saat tertentu, tergantung pada situasi yang berpengaruh di saat itu. Oleh karena itu tidak mudah menggolongkan kelompok anak autisme dalam Penggolongan Anak Autis.

Ciri-Ciri Anak Autis

Ciri-ciri anak autis adalah :

  1. Respon yang tidak normal oada stimuli sensori
  2. Perkembangan yang terjadi dengan terlambat dan terjadi dengan tidak seimbang
  3. Defisit atau dan juga kekuatan intelektual.

Respon yang tidak normal pada stimuli biasanya ditunjukkan dengan beberapa gejala dibawah ini :

  1. Sensitifitas yang terjadi dengan berlebihan atau malah sebaliknya kurang sensitif.
  2. Tidak bisa menggunakan lebih dari 1 indera dengan bersamaan
  3. Fokus pada suatu hal yang mendetail
  4. Sulit memindahkan perhatian dari satu tugas ke tugas yang lainnya.

Perkembangan yang terjadi dengan terlambat dan juga terjadi dengan tidak seimbang

  1. Perkembangan pada komunikasi, sosialisasi, dan juga kognitif yang terjadi dengan terlambat namun perkembangan dari motorik yang kasar yang tergolong lebih normal.
  2. Urutan dari perkembangan yang terjadi pada satu daerah tertentu dan juga unik. Misalnya adalah dengan bisa membaca serta menulis menggunakan kata-kata namun tidak mengerti apa artinya.
  3. Kemampuan yang sudah dikuasai biasanya bisa menghilang tanpa ada suatu alasan yang jelas.

Defisit dan juga pada kekuatan intelektual :

  1. Intelegensi pada anak autis biasanya terjadi dengan beragam misalnya adalah retardasi mental-superior.
  2. Adanya bakat-bakat dibidang membaca, aritmatika, menggambar, mengeja serta dibidang olahraga atau juga komputer.
  3. Sebagian anak autis biasanya mempunyai kemampuan yang savant atau ingatan jangka panjang, berhitungan, menggambar, atau juga memasang puzzle.

Hal yang terpenting dari hal yang harus dilakukan oleh orang tua adalah sebaiknya melepaskan semua identitas dan juga keinginan dari kita dan sebaiknya fokus pada kebutuhan anak. Dan demikian kita tidak akan mengalami stress dengan berlebihan.

Mengtatasi Anak Autis

Cara menangani penyebab autis adalah :

  1. Sebelum berangkat, cobalah untuk membuat sebuahh cerita yang bisa diulang-ulang dibacakan dengan menggunakan beberapa gambar hal ini bertujuan untuk menjelaskan apa yang hendak dijalani pada hari tertentu. Misalnya adalah “pergi ke dunia fantasi”
  2. Mengikuti jam makan anak austi dan kebiasaannya, dibandingkan mengikuti kebiasaan Anda. Anak yang gelisah karena kelaparan menjadi tidak bisa bekerja sama dan bisa menjadi susah diatur. Sementara itu, kita bisa dengan mudah menyesuaikan diri Anda dengan kebiasaan anak yang agak berubah.
  3. Jika berniat untuk menginap, maka sebaiknya pastikan bahwa kita membawa perlengkapannya untuk membuat tidurnya menjadi nyaman. Karena penderita autis biasanya akan mengalami masalah susah tidur.
  4. Bawalah berbagai hal yang mampu mengalihkan pandangannya dan juga kondisi baru yang kurang nyaman untuknya. Misalnya adalah jika ia suka bermain gameboy, maka bawalah ekstra permainan. Atau Anda bisa membawa portable vcd player dan juga kaset dvd yang bisa ia tonton selama perjalanan yang sangat membosankan.
  5. Memastikan pakaian yang dibawa tidak kurang, bawalah paling tidak sekitar 2-3 pasang dari rencana acara yang hendak dijalani. Hal ini lebih-lagi ljika acara berlibur di tempat yang basah misalnya di gunung, laut atau disaat cuaca tidak sedang ramah.
  6. Melakukan terapi Autis
    Terapi autis yang dilakukan dengan intensitas 40 jam dalam seminggu.

Penggolongan Anak Autis


=====================================

>>> VitaBrain Suplemen Vitamin Otak, Bagus Untuk Perkembangan Anak Autis, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Autis and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *